Pages

Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Begitu juga ketika kita berpuasa kita harus bisa menjaga kesehatan, karena tidak sedikit orang yang sakit ketika berpuasa. Menjaga kesehatan saat berouasa sangat lah penting ketika kita bekerja pastilah tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Nah kali ini saya akan memberi tips menjaga kesehatan saat berpuasa supaya puasa dan aktifitas lancar dan kesehatan pun terjaga.

Makan Sahur.Satu hal yang sebenarnya paling penting walaupun ini sunnah. Saya yakin pasti beberapa diantara kalian meremehkan hal ini, alias mengabaikan untuk sahur karena mungkin terlalu malas beranjak dari tempat tidur. Ini nih problem utama yang bisa menimbulkan kondisi badan down yang ujungnya sakit saat puasa. 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

  •  Minum yang cukup. Selama puasa sebulan penuh, hidrasi menjadi hal yang penting. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.
  • Jangan langsung berbuka dalam porsi besar.Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar. 
  • Konsumsi Vitamin. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Bila perlu ditambah dengan suplemen multivitamin jika buah-buahan dan sayuran kurang mencukupi untuk dikonsumsi.
  • Makan buah-buahan saat sahur. Sebaiknya Anda jangan meninggalkan buah-buahan sebagai asupan vitamin. Makanlah disaat sahur beserta sumber karbohidrat seperti nasi dan umbi-umbian. Jenis makanan ini akan bertahan hingga berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.
  • Olahraga kecil. Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga untuk bermalas malasan dan tidur siang terlalu lama. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk yang satu ini, pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki, fitnes ringan juga pilihan yang tepat. Sekalian ngabuburit. Semoga tips kecil ini berguna bagi Anda.
Itulah beberapa tips untuk untuk kita bisa menjaga kesehatan saat berpuasa apalgi sekarang adalah bulan ramadhan.
Sampai di sini aja dulu ya? Semoga Infonya dapat Bermanfaat.

Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download