Pages

Bahaya Minuman Penambah Energi


…. Tiga kali sehari, aman!!!, itulah salah satu promo iklan sebuah minuman suplemen energi instan yang cukup terkenal di televisi, seorang ustad yang juga sudah cukup terkenal namanya terlihat menjadi ikon buat produk minuman berenergi tersebut.

BLACK PROFILE MINUMAN BERENERGI INSTAN

Mungkin kita semula menganggap bahwa minuman suplemen energi itu adalah benar-benar minuman penambah ( suplemen ) bagi tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh kita, padahal itu salah besar, minuman suplemen tidaklah menambah tenaga pada tubuh, namun menyebabkan efek stimulan pada jantung agar berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih kuat, sehingga kita merasakan seolah-olah mendapatkan energi dan stamina tambahan untuk beraktivitas.

Di Amerika Serikat dan Negara maju lainnya beberapa minuman energi instan sudah dilarang beredar seperti Red Bull, karena terbukti membahayakan kesehatan.

Apa sih sebenarnya minuman berenergi itu??
Pada dasarnya minuman suplemen energi instan seperti extra joss, kratingdaeng, kuku bima energi rosa, hemaviton jreng dan sebagainya adalah sejenis soft drink ( minuman ringan bersoda ) seperti halnya coca cola, fanta, sprite dan sebagainya.

Hanya saja minuman suplemen energi instan itu diberi tambahan bahan-bahan seperti Taurine, Kafein, Vitamin, dan bahan-bahan lainnya. Namun jangan tergiur dengan kata vitamin, walaupun memang ada vitaminnya tetapi itu hanya sedikit sekali alias Cuma aksesoris semata, jadi jangan tergiur tulisan pada tabel nutrisi ( Nutrition Fact ) di label kemasan, itu Cuma promosi ( Forbess Magazine ).

Yang paling berperan dalam minuman Berenergi Instan itu adalah Kafein dan Taurine, kedua bahan inilah yang selama ini berperan untuk seolah-olah menambah energi pada tubuh peminumnya. Padahal jika dikonsumsi secara rutin maka akan menimbulkan bahaya.

Bahaya Taurine dan Kafein

a. TAURIN

Adalah semacam asam amino dari pecahan molekul sejenis protein yang sebenarnya sudah diproduksi secara mencukupi oleh tubuh lewat makanan sehari-hari yang kita makan.

Bahayanya
Mengkonsumsi Taurin pada awalnya akan meningkatkan konsentrasi berpikir untuk sesaat, namun pada dosis rutin ( 3 kali sehari ) akan menyebabkan kelelahan otak, sakit kepala, dan pada dosis besar dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan bahkan kegilaan ( Forbess Magazine ).

b. KAFEIN

Adalah senyawa kimia sejenis protein yang terdapat pada kopi dan coklat, kafein merupakan stimulan ( perangsang ) detak jantung, dan meningkatkan kerja jantung memompa darah. Menghilangkan kantuk.
Bahayanya

Batas konsumsi kafein aman adalah 200 mg perhari, atau setara dengan satu sendok teh bubuk kopi, atau satu cangkir kopi sehari. Namun jika kita lihat pada minuman suplemen energi instan, maka kita akan menjumpai bahwa kandungan kafein ternyata adalah lima kali dari batas aman konsumsi.

Bahaya yang akan timbul jika berlebihan maka akan menyebabkan kelelahan jantung, gangguan fungsi jantung dan gagal jantung.

MINUMAN ENERGI HERBAL

Namun jika kita tetap membutuhkan tambahan energi maka kita dapat membuat ramuan minuman energi herbal yang alami dan bebas efek samping.

Caranya adalah campurkanlah susu sapi murni hangat dengan jahe, madu, dan gingseng. Insya Allah campuran ini akan benar-benar menambah stamina dan energi kita. Walaupun efeknya tidak langsung terasa tetapi coba gunakan untuk aktivitas fisik seperti olehraga, pasti akan terasa khasiatnya.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Good Artikel. Konsumen harus hati2 nig memilih minuman berenergi

Unknown mengatakan...

terima kasih info bahaya minuman energinya ya.. memang zaman seperti ini kita harus cermat memilih Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya

New House mengatakan...

minuman sejenis itu sudah menjadi minuman anak-anak usia dini sekarang, parahnya iklan di TV tak dibarengi dengan info kesehatan yang seimbang

Blogger Sukses mengatakan...

Ya memang bahaya kalau sering minumnya, minimal seminggu minum dua kali aja mas, dan perbanyak air mineral biar makin sehat.

http://www.superartikelblog.xyz/

Anonim mengatakan...

Kalau kebanyakan memang berbahaya banget baut kesehatan.

http://www.maknyusbener.xyz/

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download