Pages

Manfaat Nasi

Manfaat Nasi Untuk Kesehatan

Makanan yang selama ini kita konsumsi yakni nasi putih yang di jadikan makanan pokok ternyata mengandung banyak nutrisi lapisan subaleurone yang sebenarnya membawa manfaat untuk jantung, tapi justru diproses itulah lapisan tersebut diangkat. Nasi Putih merupakan sumber makanan pokok yg dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nasi putih banyak mengandung karbohidrat & air, sehingga nasi putih menjadi sumber tenaga utama yang cepat krn nasi putih mudah diserap tubuh.
Seorang ilmuwan, Satoru Eguchi dari University School of Medicine di Philadelphia, AS mengetes lapisan subaleurone ini di laboratorium dan hasilnya ternyata memang bagus untuk jantung. Penelitiannya fokus pada hormon yang disebut angiotensin II yang meningkatkan tekanan darah melalui arteri. Hormon tersebut juga mengeraskan arteri dengan membuat sel darah bertumbuh. Hasil penelitian menemukan bahwa lapisan subaleurone tersebut memblokir efek jelek angiotensin II pada peredaran darah. Lapisan subaleurone juga bisa menciptakan obat baru untuk melawan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Berikut adalah beberapa manfaat nasi untuk kesehatan 
1.Sumber energi yang hebat. Nasi itu banyak mengandung karbohidrat yang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.
2.Bebas kolesterol. Makan nasi itu sangat baik bagi kesehatan, karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.
3.Kaya akan vitamin. Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
4.Banyak mengandung resistant starch. Nasi banyak mengandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dlam usus.
5.Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Nasi tidak banyak mengandung sodium, dan dianggap sebagai makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hypertensi.
6.Mencegah kanker. Whole grain rice misalnya brown rice itu banyak mengandung serat insoluble yang mungkin bisa melindungi anda dari berbagai jenis kanker. Banyak peneliti yang percaya bahwa serat insoluble itu penting dalam melindungi tubuh dari cell-cell kanker.
7.Mengobagi dysentery. Bagian kulit ari dari nasi dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati dysentery. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.
8.Merawat kulit. Para ahli medis mengatakan bahwa tepung padi bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit. Di wilayah India, air beras digunakan oleh praktisi ayurvedic sebagai obat yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang terbakar.
9.Mencegah Alzheimer’s Disease. Brown rice banyak mengandung neurotransmitter yang bisa mencegah Alzheimer’s disease.
10.Menguatkan jantung. Rice bran oil punya kemampuan antioxidant yang bisa menguatkan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
11.Mencegah konstipasi. Serat insoluble yang terdapat di nasi akan bertindak sebagai sponge lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan mudah dan cepat.
Ternyata nasi tak sekedar makanan bisa, tapi juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download